Related Posts with Thumbnails
Link2Communion.com

Suara Mustika: Waspada! Uang palsu akan banyak beredar di malam tahun baru

Selasa, 29 Desember 2009

Suara Mustika: Waspada! Uang palsu akan banyak beredar di malam tahun baru

Link to Suara Mustika

Waspada! Uang palsu akan banyak beredar di malam tahun baru

Posted: 28 Dec 2009 02:24 PM PST


perayaan Malam Tahun Baru

Mau merayakan malam tahun baru? Hati-hati! Para penjahat pengedar uang palsu akan menggunakan kelengahan kita di malam ini untuk beroperasi. Ini dia kutipan berita selengkapnya:

Tahun Baru, Jakarta Banjir Uang Palsu

Selasa, 29 Desember 2009 – 1:17 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Memanfaatkan keteledoran lantaran banyak orang mabok pesta Tahun Baru 2010, Jakarta diincar untuk dijadikan target peredaran uang palsu.

Karena itu, kepada para pedagang yang berjualan di keremangan cahaya malam, di tengah ingar bvingar pesta menyambut tahun baru, para tukang rokok, minuan ringan, atau kasir di dunia malam, waspadalah. Saat transaksi sedang sibuk, siapa tahu menyelip orang yang membayar dengan uang palsu.

"Uji coba" para pemain upal (uang palsu) sudah dimulai hari-hari ini, dan – untunglah – aparat kepolisian  sigap bertindak.

Di Padeglang, Banten, kakak-beradik AM,25, dan Ded,39, warga Kampung Sabrang Barat, Desa/Kecamatan Cigeulis, ditangkap karena kedapatan menyimpan uang palsu (upal) sebanyak Rp10 juta.

Uang tersebut termasuk yang diselidiki diduga bakal dipakai untuk pesta dan transaksi pada malam pergantian tahun di Jakarta. Polisi masih mengembangkan kasusnya termasuk untuk membongkar jaringan pemalsunya.

Kepala Urusan (Kaur) Bin Ops Satuan Reskrim Polres Pandeglang, Iptu Rendy Andy, mengatakan, pihaknya terus mengembangkan kasus ini.
"Tersangka diduga ada kaitannya dengan jaringan pengedar uang palsu yang pernah ditangkap petugas Polsek Pandeglang beberapa waktu lalu," kata Iptu Rendy didampingi Kanit I Ipda Andrie Setiawan. KERJA

AMATIRAN

Dua hari lalu, pemalsuan uang terbongkar di Jakarta. Pemalsu tergolong kerja amatiran bernama Hendra,35. Ia ditangkap di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Hendra, mencetak sendiri uang palsu lembaran Rp50 ribu. Lulusan SMA yang hobi mengutak-atik komputer ini mengincar suasana Tahun Baru di Jakarta sebagai target utamanya kalau saja tak keburu ditangkap.

Pengamat intelijen, Wawan Purwanto, mengatakan muncul uang palsu biasanya bersamaan dengan peristiwa besar melibatkan banyak peran masyarakat sehingga perputaran uang menjadi besar. Misalnya saja pada kampanye pemilu, Lebaran, Natal dan Tahun Baru.

Menurutnya, keadaan seperti itu dijadikan modus kejahatan uang palsu. Alasannya selain jumlah putarannya bisa besar serta tingkat kewaspadaan masyarakat juga menurun. "Yang jelas aparat jangan sampai diam, " katanya.

Yang p[aling gress, kemarin aparat kepolisian Cirebon membekuk sindikat upal yang siap menyerbu ibukota. Tak tanggung-tanggung sudah dicetak Rp800 juta uang palsu yang diduga akan dimanfaatkan pada malam tahun baru.

"Setidaknya, sebanyak Rp800 juta uang pecahan ratusan ribu sudah disiapkan komplotan pemalsu di satu hotel dekat Terminal Bus Harjamukti, Kota Cirebon untuk diedarkan ke Jakarta, " kata sumber Pos Kota di kepolisian Cirebon.

Untunglah, polisi Kota Udang itu sigap mencium praktek haram tersebut dan berhasil menggelandang pelaku dari dalam hotel ke markas mereka, Senin (28/12).

Pengedar dalam pengakuannya kepada polisi mengatakan, uang palsu sebanyak itu akan disebar di Jakarta bersamaan dengan malam pergantian tahun. Pemalsu uang di Cirebon itu diidentifikasi berinisial  FB, 38, asal Jakarta, Rus,35, warga Banyumas, Sum,30, warga Banyumas, Win,30, asal Jakarta.

Empat pelaku ini kategori pengedar, sedangkan dua pelaku lainnya, Al, 30, warga Banyuwangi dan Ah,40, warga Banyumas, bertindak sebagai pemesan.

Tersangka kini mendekam di tahanan Mapolresta Cirebon. Lembaran upal Rp800 juta diamankan sebagai barang bukti penyidikan. Kasusnya sedang dikembangkan polisi untuk mengungkap kemungkinan ada anggota jaringan yang belum tertangkap.

Ulah pemalsu dari Cirebon tersebut bukan satu-satunya. Masih banyak pemalsu lain mengincar suasana kemeriahan dan hiruk pikuk menyambut malam Tahun Baru yang dipastikan banyak orang tak cermat terhadap uang yang dipegangnya.

Dari kondisi inilah diprediksi pada malam pergantian tahun uang palsu membanjiri Jakarta, sehingga patut diwaspadai.  (haryono/darman/untung/ds/t)

Posted in Berita & Cerita, Hukum & Kriminalitas Tagged: tahun baru, uang palsu

0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP