Related Posts with Thumbnails
Link2Communion.com

Mas Doyok!

Jumat, 16 Oktober 2009

Mas Doyok!


SEO Tour: Lebih Jauh Menentukan Keyword

Posted: 15 Oct 2009 05:42 PM PDT

Sesuai janji saya, setelah sebelumnya saya menerbitkan metode post terbaru untuk blog saya dengan label SEO Tour, dengan artikel pertama Cara Cepat Mencari Keyword Bagus, kali ini saya akan melanjutkan tour ke tujuan berikut. Masih membahas keyword, namun kali ini mari kita optimalkan lebih dalam lagi dalam penentuan keyword. Menarik ketika saya membaca berbagai pemaparan di banyak blog dan melahirkan suatu pertanyaan, "Bagaimana Anda menilai keseimbangan antara banyak orang yang mencari keyword tersebut dengan banyaknya hasil yang ditemukan?". Pertanyaan cerdas pikirku...

Beberapa hal berikut ini adalah hal-hal yang layak Anda perhatikan dan kemudian Anda pertimbangkan:

1. Popularitas
Untuk mencari kata kunci populer sudah pernah saya bahas sebelumnya pada Cara Cepat Mencari Keyword Bagus. Selain itu untuk lebih optimal Anda bisa menggunakan tool seperti SEO Book Keyword Suggestion Tool dan Google AdWords: Keyword Tool.

Namun, gunakan juga pemikiran dewasa. Pertimbangkan untuk menciptakan keyword baru. Jika ada suatu peristiwa yang baru dan sangat populer, mungkin google belum akan menghasilkan data keyword event tersebut sampai satu bulan kedepan. Anda tak bisa menunggu, yang Anda lakukan adalah menjadikan event itu keyword secepat mungkin.

2. Kompetisi
Mungkin ketika Anda mengetikkan suatu keyword di google seperti football
maka mungkin Anda mendapatkan 504 juta hasil pencarian

Dilain waktu Anda mengetikkan keyword Indonesia football competition
maka hasil yang ditampilkan lebih sedikit sekitar 1 juta saja.




Kebanyakan orang memilih keyword lebih populer, namun mereka tidak memikirkan kompetisi.
Lebih banyak hasil akan menelurkan kompetisi yang lebih berat. Sementara dengan kata kunci lain, hanya menghasilkan sedikit hasil cari, maka kompetisi jauh lebih ringan.

Yang perlu Anda pikirkan adalah top 10. Ketika Anda bertaruh memilih keyword terpopuler, maka top 10 tidak akan kuat dan stabil karena ketatnya persaingan. Di lain sisi, ketika Anda memilih keyword tidak terlalu populer bisa jadi Anda akan sangat kuat berada di top 10 sampai beberapa bulan.

Kesimpulannya, jangan hanya memilih kata kunci yang populer, tapi gunakan juga pertimbangan kompetisi.

Plus... Plus... Plus...
Misal kita kembali ke keyword football dengan banyak pencarian. Bagaimana Anda membacanya di google?
- Keyword: Football
- Top 10: Sudah Adakah Blog Anda?
- Dari: 504 juta

Dari ketiga list tersebut saya memutuskan meninggalkan keyword football
Alasannya tentu karena keyword itu sendiri. Sekarang orang memilih yang spesifik. Coba Anda pikir siapa yang akan ketikkan keyword football? Saya pikir akan sedikit sekali. Sekarang orang sudah lebih pintar dan mereka ingin mendapatkan lebih sedikit hasil namun tepat sasaran. Orang akan langsung ketikkan ke tujuan misal, "Bursa Transfers Liga Inggris" dan bukan 'Bursa Transfer' saja bahkan sangat kecil untuk ketikkan 'Football' saja.
Orang cenderung mengetikkan "Profil David Beckham" dan bukan "Profil Pemain" saja atau bahkan "Football" saja.
Mengapa keyword football begitu populer? Karena google mengumpulkan data dari beberapa keyword yang mengandung kata football, dan itu tidakmengindikasikan bahwa orang ketikkan 'football' saja bukan???

Conclusion...
- Update setiap hari dan tulis berbagai ragam posting yang tidak keluar topik sehingga Anda bisa menggunakan keyword berbeda.
- Gunakan Google AdWords: Keyword Tool (untuk mencari kepopuleran keyword dari arah pembaca). Anda bisa pertaruhkan satu posting untuk keyword populer, namun dengan 2 sampai 3 posting selanjutnya dengan keyword medium saja. Coba lagi keyword populer untuk waktu yang sedikit renggang.
- Gunakan SEMRush untuk mengetahui kompetitor Anda. Melacak berdasar alexa dan Pagerank.
- Perbaiki pagerank Anda dengan rajin bertukar link
- Perbaiki Alexa Anda dengan cara rajin blogwalking
- Gunakan juga logika untuk menentukan keyword, pikirkan masa depan dan mungkin Anda berani menciptakan keyword baru.
- Satu kesimpulan terkahir, jumlah hasil cari dari suatu keyword di google jangan sampai Anda salah mengartikan. Itu bukan mengindikasikan keyword tersebut populer di kalangan pembaca, namun sebaliknya, itu mengartikan keyword tersebut populer di kalangan penerbit.

Semoga bermanfaat, mempelajari SEO memang tidak mudah, sesulit saya mencari kata-kata untuk mempermudah Anda memahaminya. :D

0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP