Related Posts with Thumbnails
Link2Communion.com

RISOFTE

Selasa, 20 Oktober 2009

RISOFTE

Link to RISOFTE

Tampilan Mobile untuk Penguna Blog WordPress.Com

Posted: 20 Oct 2009 05:00 PM PDT

WordPress telah menambahkan fitur baru pada blog WordPress.Com, yakni mobile theme. Dengan fitur baru ini, jika seseorang mengunjungi blog anda dengan menggunakan perangkat genggam (handphone), maka secara otomatis tampilan blog anda terlihat dalam versi mobile-nya.

Fitur mobile theme ini diluncurkan oleh WordPress mengingat banyaknya pengguna perangkat genggam mengakses blog-blog yang terdaftar di WordPress.Com sebagai layanan blog gratis papan atas.

Fitur ini sangat bermanfaat khususnya bagi pengunjung, karena mereka dapat lebih mudah mengakses blog wordpress dalam versi mobile daripada dalam versi webnya. Hal ini disebabkan karena dalam versi mobile, blog akan lebih terfokus dalam memberikan informasi yang lebih penting semisal konten ketimbang widget yang kurang bermanfaat. Pada tampilan mobile, gambar header yang biasa kita jumpai pada tampilan blog versi web akan mengalami perubahan menjadi skala dan ukuran yang lebih kecil, sehingga proses loading halaman pun jauh lebih cepat.

Terdapat dua buah jenis theme versi mobile yang disediakan oleh WordPress. Theme jenis yang pertama merupakan hasil modifikasi dari theme yang dihasilkan oleh plugin wptouch, yaitu plugin khusus untuk mentransformasi tampilan web WordPress yang dihosting sendiri ke tampilan mobilenya. Tampilan dari theme ini hanya akan terlihat jika blog WordPress diakses dengan web browser modern seperti yang terdapat pada iPhone maupun Android.

iphone-wptouch phone-rev

Sementara itu theme jenis yang kedua merupakan hasil pengembangan dari plugin WordPress Mobile Edition. Bedanya dengan wptouch, theme jenis kedua ini dapat diakses oleh hampir semua perangkat genggam, baik itu modern maupun yang tipe lawas.

wp-mobile

Kita dapat menonaktifkan fitur mobile theme dengan cara sebagai berikut:

  • Login ke dashboard wordpress.com
  • Klik Tampilan (appearance) >> Extras
  • Hilangkan centang Display a mobile theme when this blog is viewed with a mobile browser

extras wp

WordPress.com selangkah lebih maju di bidang teknologi untuk perangkat mobile dibandingkan dengan platform blog gratis lainnya. So, apakah anda masih enggan untuk menggunakan layanan blog pada WordPress.Com?

Tampilan Mobile untuk Penguna Blog WordPress.Com

Post from: RISOFTE


Dengan Menulis review suatu produk, anda akan dbayar sebesar 7-25 USD untuk setiap kali review yang anda tulis. Ada 3 macam situs yang menjanjikan. Anda bisa mendaftar salah satunya, atau kesemuanya sekaligus:

Owh iya, mungkin anda tertarik dengan penawaran berikut...


Related posts:

  1. Free WordPress Theme : Mobile Clean Mobile Clean, adalah nama sebuah theme/template WordPress yang dirilis oleh...
  2. SandBox 1.6.1, Theme Plain Text Untuk WordPress.Com Theme baru untuk blog gratis WordPress.Com kembali dirilis. Kali ini...
  3. Shortlink, Fitur Baru WordPress.Com Untuk Memperpendek URL Sebuah fitur baru WordPress.Com telah hadir. Shortlink memungkinkan setiap pengguna...
  4. Theme iNove, Theme Baru di direktori WordPress.Com iNove, merupakan sebuah theme yang telah dikenal dan banyak dipakai...
  5. Menulis Syntax Highlighted pada Blog WordPress.com Syntax Highlighter merupakan suatu fitur yang sering digunakan dalam dunia...
  6. 6 Tips Memaksimalkan Kecepatan Loading Blog WordPress.Com Semua orang pasti menginginkan kenyamanan saat melakukan browsing. Begitu juga...
  7. Posting Lewat Email untuk Pengguna WordPress.Com WordPress.com kini sudah semakin canggih dengan menelurkan banyak fitur baru...


Apa Itu Blog? – Definisi Blog, Blogger, dan Blogosphere

Posted: 20 Oct 2009 02:30 AM PDT

Apa itu blog? Tentunya bagi seorang blogger, kata “blog” tidak asing lagi di mata maupun telinga. Bahkan saking familiarnya dengan kata ini, sampai-sampai website statis pun disebut sebagai blog. Bagi orang baru tentunya yang belum pernah berkecimpung dalam dunia “perblog-an“, kata blog mungkin pernah terdengar, hanya saja mereka tidak tahu dengan definisinya.

blog

Blog adalah singkatan dari kata Weblog, yaitu suatu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (biasanya dimuat sebagai bentuk posting) pada sebuah halaman web umum. Istilah Weblog pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997 untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link (pranala) ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Seiring dengan waktu, Blog kemudian berkembang bentuk sesuai dengan keinginan para pembuatnya atau yang biasa disebut sebagai Blogger (subjek). Pada awalnya blog biasa digunakan oleh seorang blogger sebagai bentuk catatan (diary) online mereka, sehingga bebas dibaca oleh siapapun di internet. Bermula dari bentuk diary yang sederhana, kini blog mulai berkembang menjadi bentuk yang lebih kompleks baik dari segi isi (konten), tampilan, hingga kebergunaannya.

Ciri-ciri blog yang biasa dikenal:

  • Berisikan informasi yang bersifat kronologis, dan terbagi menjadi beberapa kategori.
  • Terdapat arsip untuk berita atau informasi baik baru maupun lama.
  • Terdapat interaksi antara pemilik blog dan pengunjung/pembaca.
  • Biasanya interaksi tersebut berbentuk sebuah kolom komentar.
  • Biasanya terdapat pranala (link) ke website atau blog sering dikujungi, biasanya dikenal dengan nama Blogroll.

Sejarah Perkembangan Blog

Mungkin Blog pertama yang pernah muncul adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Pada Januari 1994, Justin Hall kemudian memulai website pribadinya -Justin’s Home Page- yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang bisa disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

Pada awal munculnya blog, tidak banyak orang yang dapat membuatnya. Hal ini disebabkan pada saat itu dibutuhkan keahlian dan pengetahuan khusus tentang bagaimana mambuat website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang expert di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer saja lah yang mampu menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang didirikan oleh perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab pada Agustus 1999. Layanan blog pada Blogger.com memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Pada akhir tahun 2002, Google akhirnya mengakuisisi Blogger.com. Sejak saat itulah media blog Blogger.com kian berkembang dengan banyaknya fitur maupun aplikasi-aplikasi penunjang yang bersifat terbuka (open source) yang ditujukan untuk perkembangan sang pemilik blog itu sendiri. Kemudian belakangan munculah berbagai media (platform) blog yang lain, seperti movable type, WordPress, dan lain sebagainya.

Hingga kini blog telah berkembang pesat tidak lagi sebagai catatan harian saja, namun telah beradaptasi menjadi sebuah media publikasi baik itu dalam masalah sosial politik, kesehatan, informasi, hukum, agama, pendidikan, bisnis, maupun sebagai toko online.

Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis (multi user). Hampir semua blog memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Saat ini pertumbuhan blog semakin pesat. Hal ini diketahui dari banyaknya orang-orang biasa (yang notabene bukan expert dalam bidang IT) yang memiliki blog, entah itu pribadi maupun komersial. Banyaknya blog yang berkembang di dunia maya ini memunculkan suatu dunia tersendiri. Dunia inilah yang disebut sebagai Blogosphere.

blogosphere

Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk antar blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti halnya kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kumpul-kumpul (kopi darat).

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Beberapa jenis komunitas blogger adalah Komunitas Blogger Daerah, yaitu Komunitas Blogger berdasarkan kedaerahan atau wilayah tertentu (contoh: Bloggor), Komunitas Blogger Non-Daerah, yang biasanya terbentuk karena kesamaan hobi atau yang lainnya, dan Komunitas Blogger Kampus (contoh: Blogger IPB).

Referensi

Beberapa referensi atau sumber bacaan yang bisa anda gunakan sebagai rujukan seputar definisi blog, blogger, blogosphere, dan lain sebagainya.

Apa Itu Blog? – Definisi Blog, Blogger, dan Blogosphere

Post from: RISOFTE


Dengan Menulis review suatu produk, anda akan dbayar sebesar 7-25 USD untuk setiap kali review yang anda tulis. Ada 3 macam situs yang menjanjikan. Anda bisa mendaftar salah satunya, atau kesemuanya sekaligus:

Owh iya, mungkin anda tertarik dengan penawaran berikut...


Related posts:

  1. Cara Jujur dan Curang Mempublikasikan Ketenaran RSS Feed Blog Sebelum kita membahas masalah ini, marilah kita terlebih dahulu mengenal...
  2. Blog Gratis Berplatform Wordpress Setelah dahulu saya menjelaskan perihal alasan anda mesti pindah dari...
  3. Potensi Besar Blog WordPress.Com yang Jarang Diketahui Penggunanya Banyak pengguna blog gratis WordPress.Com yang kurang menyadari bahwa blog...
  4. Trik Agar Blog Mempunyai Banyak Komentar Merupakan salah satu kebanggaan -khususnya bagi kebanyakan blogger Indonesia- jika...
  5. 6 Tips Memaksimalkan Kecepatan Loading Blog WordPress.Com Semua orang pasti menginginkan kenyamanan saat melakukan browsing. Begitu juga...


0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP