Related Posts with Thumbnails
Link2Communion.com

Mas Doyok!

Selasa, 20 Oktober 2009

Mas Doyok!


Blog Konsultasi (4)

Posted: 20 Oct 2009 07:50 AM PDT

Selasa malam. Sedikit mendung. Membuka email dan menemukan beberapa pertanyaan. Ada 11 pertanyaan. Lumayan juga. Beberapa saya balas langsung via email. Namun tiga pertanyaan ini menarik perhatian saya. Ketiganya tidak sekali dua kali ditanyakan teman blogger. Atas dasar itulah akhirnya saya memilih postingan ini untuk artikel blog konsultasi edisi empat. Pertama, soal membuat daftar isi otomatis, penggantian olderpost newerpost, dan yang terakhir adalah Thank You Page.... Mari ikuti hingga tuntas...


1. Daftar Isi Otomatis
Tanya:
"........ mas kalo buat seperti punya KR itu gimana? klik olderpost, maka muncul hanya judul saja...."
"........mas, gimana cara membuat seperti daftar isi lengkap punya mas? apakah itu otomatis?"
"........kalau kita menggunakan daftar isi seperti tutor nya mas doyok, manual dong bakal capek...."

Jawab:
Itu beberapa pertanyaan yang saya anggap mempunyai penyelesaian sama. Nah sebenarnya saya pernah posting tentang hal ini. Namun, memang saat itu saya tak mengatakan secara khusus untuk fungsi pembuatan daftar isi otomatis.

Bagi yang ingin membuatnya sebenarnya sangat mudah. Pembuatan daftar isi otomatis hanya menggabungkan dua fungsi. Pertama adalah melakukan edit agar hasil cari hanya menampilkan judul. Kedua adalah fungsi penampilan semua postingan.
Step 1: Hasil Cari Hanya Judul, Step 2 : Tampilkan Semua Postingan.


2. Mengganti OlderPosts dan NewerPosts dengan Text
Tanya:
"......bagaimana cara mengganti navigasi older post itu degan text yang diinginkan. Misal artikel lama gitu mas...."
"......saya coba eksperimen mengganti older newer dengan text tapi kok terjadi pesan keslaahan ya...."

Jawab:
Mengatasi masalah ini sangat mudah. Sebelumnya saya pernah posting soal penggantian menjadi gambar. Nah pada dasarnya untuk menggantinya dengan text sama saja.

Cari kode berikut ini <data:olderPageTitle/>
untuk older posts/postingan lama dan ganti dengan text sesuai keinginan Anda. Misal dengan 'Yang lebih lama'
Untuk newerposts/postingan baru yang diganti adalah <data:newerPageTitle/>
dan untuk home yang diganti adalah <data:homeMsg/>

3. Thankyou Page EmailMeForm
Tanya:
".... saya telah buat emaimeform sesuai tutor mas, namun pas saya cek setelah coba kirim email kok malah ke home ya mas?..."
"....sob, di Kang Rohman itu kalau selesai kirim email kok bisa ya muncul halaman terima kasih? sementara aku dan blog kamu selalu kembali ke halaman depan...."

Jawab:
Untuk pertanyaan pertama, justru itu fungsi thankyou page bekerja. Itu menandakan kalau pengiriman telah berhasil. Nah, langsung saja saya bahas menyambung dengan pertanyaan kedua tentang pembuatan thankyou page.

Pertama, buat postingan yang berisi halaman terima kasih.
Kedua, Perhatikan pada saat Anda mengikuti proses pembuatan emailmeform, maka Anda akan dihadapkan pada beberapa kolom isian. Salah satunya kolom isian thank you page, nah isi kolom tersebut dengan URL atau alamat postingan terima kasih Anda yang telah dibut sebelumnya.

Klik untuk pembuatan emailmeform lengkap

Sekian, semoga bermanfaat dan pertanyaan terjawab.

SEO Tour: Link Internal

Posted: 19 Oct 2009 08:48 AM PDT

http://www.linkexchangeit.com/LinkExchange.jpg

Memikirkan SEO memang akan memakan waktu. Misalnya saja, membangun link masuk (link yang menuju ke blog Anda) tentu tidak mudah dan membutuhkan waktu. Tukar link, penawaran, dan pemsangan balik. Tak bisa instan. Apalagi ketika memikirkan kata kunci, kita mendapat kata kunci yang kuat di satu sisi, sementara sangat jeblok di sisi yang lain. Memikirkan kata kunci bisa jadi tugas yang membosankan. Jika Anda meninginkan yang praktis, mungkin Anda melewatkan link internal.

Beberapa blogger melupakan link internal, padahal link internal sedikit banyak akan membantu. Memang tidak sebagus jika dibandingkan ketika kita mendapatkan link masuk dari situs lain, namun tehnik link internal begitu mudah dilakukan. Sebuah saran melakukan teknik ini bagi Anda yang menginginkan kenaikan peringkat.

Anda belum tahu apa itu link internal? Link internal adalah link dari blog kita untuk blog kita.
Pembangunan link internal paling efektif adalah dengan menambahkan widget recent posts. Dulu ketika seseorang posting, ia harus memberitakan beberapa artikel terbaru secara manual dengan daftar link. Betapa sekarang Anda dimudahkan hanya dengan menambahkan widget recent posts. Tidak perlu melakukannya secara manual dan link internal Anda akan terupdate secara otomatis.

Namun, jika Anda memilih membuatnya secara manual setidaknya ada dua keuntungan untuk Anda.
- Anda bisa memilih artikel yang akan ditampilkan (bukan hanya artikel terbaru), misalnya artikel yang Anda jagokan untuk menarik minat pembaca.
- Anda bisa membuat nama link sesuka anda tidak seperti widget recent posts yang otomatis menggunakan judul artikel sebagai nama link.

Beberapa widget yang membantu membangun link internal:
- Recent posts
- Recent comments
- Popular posts
- Related Posts

(intinya, widget itu akan mengarah ke artikel lain di blog kita. Mungkin Anda juga bisa secara cerdas membuat link internal dalam isi postingan Anda)

Sekali lagi, effect pembangunan link internal tidak sehebat jika Anda mendapatkan link masuk dari blog lain. Namun ini benar-benar mudah dilakukan tanpa harus meminta-minta.

Perhatian.... Sudahkah Anda mengambil hak Anda di dua stasiun sebelumnya dalam rangkaian tour ini... karena ini adalah artikel ketiga saya.....

Banyaknya pertanyaan di komentar tentang internal link dan duplicat conten membuat saya harus menambahkan bagian ini. Begitu banyak blog tips hebat di dunia menggunakan recent posts dan daftar isi. Yang perlu Anda perhatikan adalah jangan membuat link dalam satu halaman secara berulang-ulang ke arah yang sama. Internal link pada widget adalah cara yang baik. Jika Anda merasa butuh internal link dalam postingan dan Anda takut, Anda bisa gunakan rel nofollow yang menyebabkan link tersebut tak akan ditelusur lebih jauh oleh robot google. Namun ingat, sekarang link tersebut bukan untuk memperkuat Anda namun hanya sekedar sebagai pemberitahuan pada pembaca dan harapan tujuan pageview bagi Anda.

Saya telah berencana membahas lebih jauh dalam judul lain, "Internal link dan Duplikat Konten..."

0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP