Related Posts with Thumbnails
Link2Communion.com

Mas Doyok!

Jumat, 09 Oktober 2009

Mas Doyok!


Situs Tidak Muncul di Google: Skema Tautan - Part 2

Posted: 08 Oct 2009 03:57 PM PDT

http://web20notes.files.wordpress.com/2008/03/stockxchg_people_01.jpg

Jika situs Anda tidak juga menduduki peringkat atas di google, mungkin ini salah satu penyebabnya. Sebelumnya saya membahas Teks dan Tautan Tersembunyi, kali ini saya membahas lebih jauh apa yang disebut Skema Tautan. Salah satu cara google menentukan peringkat adalah didasarkan pada kepopuleran suatu blog. Secara sederhana untuk urusan link, kepopuleran ditentukan oleh:

1. Kualitas Link Masuk
Kualitas link yang mengarah ke blog kita tentu akan berbeda. Semakin tinggi PR blog yang memasang link kita maka akan semakin bagus. Pertukaran link dengan blog ber PR tinggi akan jauh lebih menguntungkan. Hanya dibutuhkan sedikit link dari blog ber PR tinggi untuk mendongkrak PR kita, tapi dibutuhkan sangat banyak link dari blog PR 0 untuk mendongkrak PR kita.

Memasag link kita di situs dengan traffic tinggi lebih bagus, semakin sering link kita disorot apalagi di klik dari tempat yang berbeda maka akan semakin bagus.

2. Bukan Link Silang
Yang dimaksud link silang adalah pertukaran link. Silahkan bertukar link. Namun jika link Anda terpasang pada suatu blog, dan Anda tidak balik memasangnya itu sudah nilai plus untuk kepopuleran blog Anda.

Realitanya untuk blog semenjana, tukar link tidak bisa dihindarkan. Siapa yang akan memasang link kita kalau kita pasif sementara blog kita belum menarik minat. Oleh karena itu tukar link sangat marak bagi blogger.

3. Rumus Sederhana
Secara sederhana dinyatakan dalam rumus

Link Masuk > Link Keluar = Populer

sebaliknya

Link Keluar > Link Masuk = Tidak Populer

Bagi Anda yang memiliki blog download, dan sulit menembus peringkat atas google, mungkin ini salah satu masalahnya. Bayangkan setiap Anda posting Anda akan membuat Link keluar untuk download. Apakah link masuk sudah seimbang? Hal sama terjadi juga pada blog-blog tipe lain. Intinya usahakan anda membangun link masuk ke blog Anda.

Saat Anda bertukar link, bukankah saat itu juga kondisi dalam keadaan seimbang? Berikut Tips Agar Link Masuk Lebih Banyak:

- Aktif dalam forum, tinggalkan link disana
- Tweet artikel Anda
- Share artikel ke berbagai social bookmark
- Libatkan Technorati
- Submit artikel Anda ke Google, Yahoo, Bing dan lain-lain
- Daftarkan blog Anda ke berbagai directory

Pada dasarnya menurut google akan lebih bagus link terbangun secara perlahan (bukan usaha membeli bom link). Hal ini dapat dilakukan dengan penulisan konten yang bagus. Semakin bagus konten akan semakin banyak blog lain yang menjadikan referensi dan memasang link kita sebagai sumber.

Google Membicarakan Skema Tautan
Yang perlu diperhatikan juga adalah google ternyata sudah jauh-jauh hari mengamati hal ini, walau mereka sendiri masih kesulitan mengatasinya. Soal link silang (saling bertukar link, A memasng link B, B memasang link A) ternyata sudah jauh hari google memberi Warning!. Hal ini termasuk dalam 4 kategori skema tautan yang buruk bagi google sehingga bisa menjadi pertimbangan bagi mereka untuk melenyapkan blog dari google.

- Tautan yang dimaksudkan untuk manipulasi PageRank
- Tautan ke spammer atau web lingkungan yang buruk
- Pertukaran link yang berlebihan
- Pembelian dan penjualan tautan yang lolos dari PageRank

termasuk terlalu banyak link berbayar seperti ziddu. Contoh lain adalah pemasangan link atau banner anggota yang berbayar (link ke suatu blog diikuti id pendaftaran pemilik blog, jika di klik pemilik blog mendapat untung).

Para webmaster lebih memilih meletakkan tukar link, atau link berbayar di sebelah kanan atau di bawah. Apakah alasannya? Mudah saja, saat ini diketahui google membaca suatu blog dimulai dari kiri atas bagian blog. Yang nekat (namanya nuwbeee masih butuh tuker link dan penghasilan seperti itu), "sedikit" langkah pengamanan letakkan skema tautan yang dianggap berbahaya di bagian kanan bawah blog.

Berikut salah satu kutipan google dari FAQ Alat Webmaster

Peringkat situs Anda dalam hasil penelusuran Google sebagian berdasarkan pada analisis situs tersebut yang bertautan ke Anda. Kuantitas, kualitas, dan keterkaitan tautan berpengaruh pada peringkat Anda. Situs yang bertaut ke Anda dapat memberikan konteks tentang pokok situs Anda, dan dapat menyatakan kualitas dan popularitasnya. Namun, beberapa webmaster terlibat dalam skema pertukaran tautan dan laman yang dibangun bersama secara eksklusif sebagai usaha penautan silang yang tidak mengindahkan kualitas tautan, sumber, dan akibat jangka panjang yang akan terjadi pada situs mereka. Hal ini melanggar pedoman webmaster Google dan dapat memberikan pengaruh negatif terhadap peringkat situs Anda dalam hasil penelusuran. Contoh skema tautan meliputi:

  • Tautan yang dimaksudkan untuk memanipulasi PageRank
  • Tautan ke spammer web atau lingkungan yang buruk di web
  • Tautan timbal balik berlebihan atau pertukaran tautan berlebihan ("Tautkan ke saya dan saya akan menautkannya ke Anda.")
  • Pembelian dan penjualan tautan yang lolos dari PageRank

Cara terbaik agar situs lain membuat tautan yang relevan pada Anda adalah membuat konten yang unik dan relevan, yang dapat memperoleh popularitas dalam komunitas Internet dengan cepat. Semakin berguna konten Anda, semakin besar kemungkinan orang lain menyadari bahwa konten tersebut berharga untuk pembacanya dan menautkan konten tersebut. Sebelum mengambil keputusan, tanyakan pertanyaan ini pada diri Anda: Apa hal ini akan menguntungkan bagi para pengunjung laman Anda?

Yang penting bukan hanya jumlah tautan yang menunjuk pada situs Anda, tetapi juga kualitas dan keterkaitan tautan tersebut. Membuat konten baik ada pahalanya: Tautan biasanya adalah pemberian suara editorial yang diberikan sukarela, dan komunitas narablog yang ceriwis dapat menjadi tempat yang tepat untuk mendapatkan perhatian.

Semoga bermanfaat. Salam, Mas Doyok!

0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP